Sabtu, 12 April 2008

ATI-ATI MA MUSIK SEDIH...

Prolog: gw bukannya mo sok kontroversi.. Cuma pengen bikin renungan untuk diri sendiri koq, tapi ya alhamdulillah bgt klo emg lo juga jadi bisa ngambil hikmahnya. Berhubung ini renungan diri, makanya gw g akan pake kata ‘lo’ sebagai subjek utama

Sorry ya klo postingan kali ini bahasa gw aga serius :p

Musik emang sarana ekspresi jiwa n perasaan sang pencipta lagu yang dituangin kedalam uraian nada-nada. Kita mengenal banyak aliran musik yang berseliweran di kuping melalui radio, TV, maupun sarana penunjang lainnya. Cuma, musik juga punya pengaruh yang negatif didengerin di waktu yg salah. Kapan tuh??

Kayaknya uda terbukti kan ya klo misalnya kita lagi seneng, trus denger lagu smangat gtu malah tamba bakar smangat kita. Demikian juga sbaliknya. Ini yang jelek..

Back to main topic, dengan dengerin lagu-lagu sedih tersebut pada saat gw merasa sedih, maka hal itu justru menambah beban kesedihan. Gila, kayaknya malah tambah nyesek bgt niy dada.. Trus jadi kpikiran lagi hal2 yg buat kita sedih.. Wah, jadi tamba ancur deh. Mungkin semula gw sering menganggap mendengar lagu sedih pada saat keadaan hati sedang sedih merupakan obat, dimana perasaaan ini kayak ditemenin ma musisi pelantun ntu lagu, makanya gw jadi semakin menghayati baik kesedihan gw maupun lagu tersebut dan menghubung-hubungkannya. Pada akhirnya gw sering larut dan ngmong dlm ati klo ‘nih lagu emang gua banget!!’.

Tau g, klo trnyata mantan presiden kita yang pertama, yaitu Soekarno pernah melarang penciptaan dan peredaran musik-musik yang bertemakan kesedihan itu loh!! Pelarangan tersebut dilakukan karena beliau khawatir generasi muda Indonesia menjadi generasi yang lemah dan rapuh apabila ditimpa kesedihan dalam hidupnya. Hanya saja pelarangan ini kemudian dicabut kembali pada pemerintahan era berikutnya.

Makin sering gw dengerin lagu sedih pas saat gw emang lagi sedih, jujur aja malah makin ancurin semangat diri gw untuk memperbaiki dan menghilangkan kesedihan itu. Hati gw cenderung menjadi lemah, dan malas untuk bangkit memperbaiki keadaan diri. Gw terus-terusan terbawa emosi kesedihan. Otak dan perasaan hati sulit untuk merubah waktu negatif dalam diri akibat dari lantunan syair dan nada-nada kesedihan n keputus asaan yang terus-menerus menghantam kuping.

So, gw bukannya nglarang buat denger musik. Soalnya jujur aja gw juga masi suka denger musik sedih pas hati gw sedih (hehe), tapi gw Cuma nyaranin ke diri gw sndiri aja klo kyak gtu trus, dah gtu emosi n jiwa kita malah makin lemah dan terpuruk, mending di-pending aja dulu denger musiknya.. Cari pelarian yg lebih positif yaa... Inget2 ma Allah.. Insya Allah dikasi ketenangan.. Cobain yuk!!!

Tidak ada komentar: